Sunday, February 24, 2013

Batu Kota Wisata

Agro Kusuma

Nuansa alami pegunungan, Wisata Kebun Kusuma Agrowisata untuk anda dan keluarga. Jernihkan kembali pikiran anda dari semua kesibukan kerja dengan menikmati kesejukan dan keindahan Wisata Kebun Buah, Sayur dan Bunga Kusuma Agrowisata yang menambah kesan liburan anda bersama keluarga.

Fasilitas kami selalu tersedia mendukung anda dan keluarga untuk dapat menikmati saat-saat
liburan yang indah dan tak terlupakan. Wisata Kebun Buah dan Sayuran Hidroponik menyediakan buah-buahan dan sayuran sehat yang segar (bebas pestisida) antara lain : Apel, Jeruk, Strawberry, Sawi, Tomat, Brokoli, Paprika, dll. Yang bisa anda dapatkan di stand buah dan sayur Kusuma Agro Wisata

Fasilitas :
- Kebun : Apel, kopi, dan Strawberry
- Kebun binatang mini
- Green House
- Lainnya : Bar, Restaurant, dan Coffe shop
- Fasilitas pendukung :
  - Kolam Renang Air Panas
  - Badminton Hall
  - Lapangan tenis
  - Lapangan Bola Volley
  - Sepeda Gunung
  - Mengendarai Kuda
  - Tempat Bermain Anak-anak

Kita juga bisa mencoba outbond di wilayah tersebut, Kusuma Agrowisata Outbond & Games.
Uji ketangkasan dalam menembak sasaran dengan Door Prize yang menarik di Shooting Area. Uji keberanian dan strategi pertempuran anda dengan Airsoft Gun. Atau anda bisa menyalurkan hobi sport dengan sirkuit yang menantang adrenalin dengan minicross.

Fasilitas :
- Shooting Area
- Airsoft Gun
- Minicross



Batu Rafting

Batu adalah salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Timur, nikmati petualangan mengesankan dengan pesona indah dan menantang. Lokasi hanya 5 menit dari pusat Kota Batu.

Program :
- Outbound dan gathering
- Arung jeram, donat boat
- Wisata petik apel, jeruk strawberry, sayur, bunga
- Di hutan seluas > 1.200 ha apel petik sendiri dan makan sepuasnya
- Wisata kerajinan, kaos khas Batu (Apel Merah)
- Wisata offroad, paralayang, cycling, trekking



Paralayang

  Paralayang merupakan salah satu olahraga dirgantara yang memacu adrenalin dan memerlukan keberanian tinggi untuk terbang dari ketinggian dengan memakai payung sebagai alat terbang.
  Pada tahun 1995 lokasi pertama berada di Desa Jurangrejo, untuk membuka objek TNI AU Abdurrahman Saleh membabat hutan alas, akan tetapi karena aksesbilitas, transportasi dan lokasi yang sulit, akhirnya lokasi dipindah ke Gunung Banyak. Lokasi di Gunung Banyak dibuka pada tahun 1997 oleh TNI AU Abdurrahman Saleh.

Konon cerita menurut masyarakat setempat nama Gunung Banyak berasal dari kepercayaan masyarakat tentang seorang bidadari yang mengawasi Desa Songgokerto dan Kawasan Batu dari puncak gunung yang menjelma menjadi seekor angsa (banyak), ada juga yang mengatakan menjelma menjadi seekor rusa.

Puncak Gunung Banyak juga sering digunakan sebagai tempat ritual untuk mendekatkan diri pada sang Pencipta, kepercayaan masyarakat bahwa puncak gunung merupakan tempat yang paling dekat dengan sang Pencipta. Pelaksananaan ritual dilakukan pada hari-hari tertentu (selasa kliwon).

Banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Paralayang diantaranya wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk wisatawan domestik berasal dari Luar Kota Batu seperti Malang, Surbaya, Sidorajo, Pasuruan, Kediri bahkan dari luar propinsi Jawa Timur, sedangkan wisatawan mancanegara berasal dari Perancis, Swiss, Kanada, Spanyol, Belanda.

Selain sebagai Objek Wisata Paralayang sering juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan even-even dengan skala nasional maupun internasional diantaranya pada tahun 1998 digunakan untuk even Kejuaran Tingkat Daerah, tahun 1999 Kejuaran Tingkt Nasional, dan pada tahun 2000 digunakan sebagai tempat penyelenggaraan PON (Pekan Olah Raga Nasional).
Lokasi, Gunung Banyak, ketinggian 1340 dpl, berada di Kawasan Wisata Desa Songgokerto
Transportasi

Transportasi angkutan umum belum ada yang menuju ke objek wisata Paralayang, sehingga wisatawan menggunakan kendaraan pribadi. Akses menanjak disajikan sesuai dengan topografi lokasi setempat sebagai jalur menuju objek wisata dengan perkerasan jalan dari semen, untuk kondisi jalan bagus dan bisa dilewati sepeda motor atau mobil pribadi.

Fasilitas :
- Tempat petugas
- Kamar mandi
- Shelter istirahat
- Area launching (area terbang )
- Area parkir yang mampu menampung ≥ 50 sepeda motor pada akhir pekan atau hari libur.
- Peralatan terbang yang tersedia meliputi :
  - Parasit
  - Harnes (tempat duduk) untuk tandem
  - Payung cadangan.



Songgoriti

Terletak sekitar 3,5 km dari pusat kota Batu, Songgoriti terkenal dengan sumber air panasnya yang menyehatkan dan wilayahnya yang sejuk. Cocok bagi siapa saja yang ingin memanjakan diri.